Berita Bola

Profil Stadion Piala Eropa 2020: La Cartuja

BeritaBola.News – STADION La Cartuja, Sevilla, Spanyol, merupakan salah satu tempat berlangsungnya beberapa pertandingan Piala Eropa 2020. Akan tetapi, Stadion La Cartuja sejatinya hanyalah pilihan alternatif dari Federasi Sepakbola Eropa (UEFA) untuk pesta sepakbola terbesar di Benua Biru itu.

Sebelumnya, UEFA menunjuk Stadion San Mames, Bilbao, Spanyol, sebagai tuan rumah Piala Eropa 2020. Akan tetapi, pemerintah kota setempat tidak bisa menjamin pertandingan berlangsung dengan penonton karena pandemi Covid-19.

Alhasil, UEFA pun memindahkan semua pertandingan di Stadion San mames ke Stadion La Cartuja. Meski hanya pilihan alternatif, Stadion La Cartuja layak menjadi tuan rumah Piala Eropa 2020 karena punya fasilitas mumpuni.

Sejarah Stadion La Cartuja

Stadion La Cartuja resmi berdiri pada 1999 silam. Stadion ini dibangun dengan konsep multifungsi sehingga bisa menggelar pertandingan cabang olahraga (cabor) selain sepakbola, seperti atletik.

Tujuan utama pembangunan stadion ini adalah membantu Kota Sevilla untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2004 dan 2008. Akan tetapi, gelaran olahraga terbesar di dunia itu justru berlangsung di Kota Athena, Yunani (2004) dan Beijing, China (2008).

Karena tujuan awal pembangunannya untuk Olimpiade, Stadion La Cartuja pun memiliki nama lain, yaitu Stadion Olimpiade Sevilla. Sekadar informasi, stadion ini berkapasitas 60 ribu penonton.

Kapasitas sebesar itu membuat Stadion La Cartuja menjadi stadion terbesar keenam di Spanyol. Meski begitu, stadion ini tidak dijadikan kandang oleh dua tim besar Kota Sevilla, yaitu Sevilla dan Real Betis.

Sevilla memilih berkandang di Stadion Ramon Sanchez Pizjuan, sedangkan Betis menempati Stadion Benito Villamarin. Padahal, kapasitas Stadion La Cartuja lebih besar ketimbang kandang dua tim itu.

Namun, Stadion La Cartuja kini mendapatkan kehormatan untuk menggelar beberapa pertandingan Piala Eropa 2020. Orang-orang akan bisa melihat kemegahan stadion berumur 22 tahun ini.

Lihat Juga:  Ozil Ingin Tetap Bertahan Walau Arsenal Ingin Melepasnya

Laga yang Pernah Digelar di Stadion La Cartuja

Stadion La Cartuja belum pernah memenuhi tujuan pembuatannya, yaitu menjadi tuan rumah Olimpiade. Akan tetapi, Stadion berkapasitas 60 ribu penonton ini pernah menggelar beberapa ajang olahraga bergengsi selain sepakbola.

Saat baru berdiri pada 1999, Stadion La Cartuja langsung menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Atletik. Selain itu, Stadion La Cartuja juga menjadi tempat berlangsungnya gelaran bergengsi tenis, yaitu Piala Davis 2004 dan 2011.

Sementara itu, untuk sepakbola, Stadion La Cartuja mendapatkan kehormatan untuk menggelar final Piala UEFA 2003 yang menyajikan FC Porto sebagai juara. Porto mengalahkan Glasgow Celtic dengan skor tipis 3-2 pada partai puncak itu.

Teranyar, Stadion La Cartuja menjadi tempat berlangsungnya final Copa del Rey 2019-2020 dan 2020-2021 pada April silam. Final dua edisi Copa del Rey terakhir terpaksa berlangsung pada bulan yang sama karena pandemi. Final 2019-2020 menelurkan Real Sociedad sebagai kampiun, sedangkan Barcelona juara Copa del Rey musim ini.

Pertandingan Piala Eropa 2020 yang Digelar di Stadion La Cartuja

Stadion La Cartuja akan menggelar tiga pertandingan Grup H Piala Eropa 2020. Sekadar informasi, Grup H diisi oleh Swedia, Polandia, Slovakia, dan Spanyol.

Selain fase grup, Stadion La Cartuja juga akan menggelar pertandingan babak 16 besar. Pertandingan 16 besar di Stadion La Cartuja akan mempertemukan juara Grup B dengan peringkat tiga terbaik dari Grup A/D/E/F.

Berikut jadwal pertandingan Piala Eropa 2020 di Stadion La Cartuja:

15 Juni 2021

Spanyol vs Swedia

20 Juni 2021

Spanyol vs Polandia

23 Juni 2021

Slovakia vs Spanyol

28 Juni 2021

Juara Grup B vs Peringkat tiga terbaik dari Grup A/D/E/F (okezone.com)

Lihat Juga:  Jurus Baru Arsenal Singkirkan Mesut Ozil
Melissa Putri
BeritaBola.News adalah Situs Berita Bola, Prediksi Bola, Prediksi Parlay, Terupdate dan Terlengkap.
https://beritabola.news